Sulit tidur bisa jadi karena ponsel anda


Menjelang tidur banyak orang yang suka mengobrol dengan kekasih atau sahabat melalui ponsel selama berjam-jam.

Jika Anda memiliki kebiasaan demikian sebaiknya mulai sekarang dikurangi dan usahakan untuk dihilangkan.

Hal itu karena menurut penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wayne State University di Detroit, Amerika Serikat dan Karolinska Institute di Swedia, menggunakan ponsel menjelang tidur akan mengurangi kualitas tidur. Sakit kepala, rasa lelah saat bangun tidur serta insomnia adalah efek dari menggunakan ponsel menjelang tidur.

Secara umum, menggunakan ponsel sebelum waktu tidur apalagi dalam waktu lama, akan membuat kualitas tidur menurun. Hal itu akan berakibat pada kondisi tubuh yang menurun keesokan harinya.

Penelitian ini melibatkan 35 pria dan 36 wanita responden yang berusia antara 18 hingga 45 tahun. Dari penelitian diketahui, beberapa responden terkena radiasi dari ponsel.

Radiasi inilah yang mengurangi kualitas tidur dan berefek negatif pada kesehatan. Jika kebiasaan menggunakan ponsel ini terus dilakukan, radiasi yang menempel pada tubuh semakin banyak dan bisa menimbulkan efek jangka panjang.

Penggunaan ponsel juga sebenarnya mempengaruhi perubahan spesifik pada bagian otak yang mengatur sistem penanganan stres. Tidak hanya menimbulkan insomnia dan rasa lelah, tetapi juga akan membuat sikap menjadi lebih agresif dan cepat emosi.

Radiasi dari ponsel sebenarnya bisa dikurangi dengan tidur lelap. Untuk itu banyak pakar kesehatan yang merekomendasikan untuk mematikan ponsel menjelang waktu tidur.

37 comments:

Kesuksesan Hidup | Renungan | Motivator | Motivasi | Kata Bijak mengatakan...

Informasi yang sangat menarik dan bermanfaat :)

Makasih sudah berbagi informasi ini... Tetaplah berbagi sahabat :)

Sukses Selalu...

laikka mengatakan...

hi thanks for dropping by..keep on coming and keep in touch!

teJan mengatakan...

halu..thanks for visiting:) see you more:)

ismi mengatakan...

@kesuksesan hidup
iya sama² makasi telah berkunjung
:)

@laikka
yes..
:)

@tejan
okey
;)

akhatam mengatakan...

We...info bagus!!!salam kenal aja...

Aryo Halim mengatakan...

oo begitu toh, tp saya jg ttp sulit tidur walau gak telpon2an sebelum tidur, masalahnya tiap malam ada yg genit gangguan saya sebelum bobo, nyamuk!

rafesha mengatakan...

sekarang jaman modern mmg aktivitas kita semakin bertambah dan kualitas tidur jadi berkurang

ismi mengatakan...

@akhatam
iya..
sama² makasi sobat sudah berkunjung
;)

@aryo
ouh hha :))


@rafhesa
iya..
tapi tidak salahnya jika kita mencoba mngurangi pola hidup yang kurang sehat ...
seperti menjauhkan ponsel saat tidur dll
makasi sobat sudah berkunjung..
;>

Bahauddin Amyasi mengatakan...

Informasinya sangat bermanfaat, terutama bagi mereka yang sering mojok pas malam hari, mereka yang suka ngerayu pasangannya pas menjelang tidur. Hehe..

Salam kenal ya...

ismi mengatakan...

@bahauddin
hhe..
;)
reallita jaman sekarang ;))
siP
makasi sob sudah berkunjung

intermezo mengatakan...

ponsel bikin insomnia... bisa jadi juga ya... sms, misscall... nelpon... :)

ismi mengatakan...

@intermezo
siP
makasi sob...
berkunjung ke blog aQuw...
;>

Mitha mengatakan...

Untung klo saya tidur HP-nya dimatikan.. biar tidak menganngagu

Rihar Diana(dhana) mengatakan...

salam sahabat
ehm..bagus juga loh bermanfaat banget ok good luck ya....

Arfi mengatakan...

wah,, ternyata ponsel bikin dampak buruk juga ya... ...hmm

ismi mengatakan...

@Mitha
wah kebiasaan yang bagus...
siP!
;>
Lanjutka!
hhe...

@Rihar
makasi
:)

@Arfi
dimana ada sesuatu yang bagus pasti mempunyai dampak buruk juga. Tinggal kita menggunakan bagaimana.
makasi sobat sudah berkunjung
;)

acha410 mengatakan...

Salam kenal ... sukses selalu ya!

nini mengatakan...

nite nite dear..its time for bed...see youuuu/read you heheheh/

nada mengatakan...

masih enakan jaman dulu dunk
bisa tidur nyenyka tiap mmlm
abis ga ada hape
hihihhi

dochi mengatakan...

hemmm..betul juga se hehee

ismi mengatakan...

@acha
;)
makasi

@nini
thank you friend

@nada
enak kan jaman sekarang donk.
mau apa ada..
hhe...
;;)
tapi ya tinggal pinter² nya kita menggunakan fasilitas yang ada..
sesuatu yang positif pastia ada hal negatif..
keep blogging sobat..
makasi udah cooment

msafru mengatakan...

berkunjung mau komen apa yah...top aj deh

tiyo avianto mengatakan...

kalau insomia gmn?

TOVAROSSI mengatakan...

Gimana mau tidur, lawong nelpon melulu sampai2 larut malam bahkan sampai pagi

*josie* mengatakan...

hello, thanks for the visit :)

all about healthy mengatakan...

artikelnya ok... kaya'nya q juga jadi korban ponsel :)]

Dookie mengatakan...

thanks yah melawat.. nice blog..

regards,
Dookie
mp3syiok.blogspot.com

cah ndueso mengatakan...

tul...se7 aku....tp lek gk nyekel hp sk menit wae mesti bingung kayak orang linglung ya?

ismi mengatakan...

@msafru
;;)
siP
makasi uda berkunjung

@tiyo
hho
kaLo itu uda beda masalah lagi donk...
hhe
;))

@Tovarossi
paling enggak di kurangin donk sob


@Josie
Ok

@All about healthy
hho...

@Dookie
ok

@cah ndeuso
hha...
B-)
sama donk kaya gw
;;)

Gusti mengatakan...

wah untung ga kaya gini hehehe...
nice post... ;;)

Natha Lia mengatakan...

oh gt ya...ckckc...berarti qu juga korban ponsel donk ya.....nice info....tq

See More My Blog

Natha Lia Blog

Download Ebook Free

Download Full Free Software

Adult Blog

ismi mengatakan...

@gusti
hm..siP deh..


@Natha Lia
Ok sist.,
thank for visit.
;))

cucu hermawan mengatakan...

thanks dah namu,, sekarang giliranku
infonya bagus banget..

harto mengatakan...

Ooooo mungkin juga yaa ini salah satu pengaruhnya... trims yaa atas infonya sukses selalu n tetap semangat

harto mengatakan...

Assalamualaikum wr wb kunjungan silaturahim, datang kemari hanya mau lapor aja bahwa tugas award ber backlink sudah dilaksanakan dengan baik & sudah diteruskan ke para sahabata blogger lainnya. terima kasih....... laporan selesai siap grak.... kabuuuuurrrr....(keburu entar dapat tugas lagiii)

agoenk70 mengatakan...

wah ada benernya juga neh... dan pernah baca juga c klo ponsel emang bikin insomnia apa karena radiasinya yah? atau karena emang suara dering telp n sms hehe...

rendy mengatakan...

link anda sudah tak taruh di blogku...
tolong link balik yaw..ni alamatnya rendyriskianto.blogspot.com

Posting Komentar

eits..tinggalin comment dlu yah...
^^
makasi