Kebiasaan Buruk tapi bermanfaat

Sahabat ingin berbagi iLmu neh, yang gw dapet dari internet juga.
Hmm..
bagi yang suka mempunyai kebiasaan buruk, ternyata ga semua kebiasaan buruk itu berdampak negative namun mempunyai dampak positive juga.
Ada 7 kebiasaan buruk namun bermanfaat.
Mari kita simak..

  • Marah
Baik untuk menjaga tekanan darah. Kita sudah terbiasa diperingatkan untuk menahan amarah karena bisa menyebabkan Tekanan Darah Tinggi (hipertensi), tetapi sekarang hal itu tidak berlaku karena melepaskan amarah memberikan keuntungan bagi kesehatan.
Peneliti dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh menemukan bahwa orang yang segera merespon sesuatu hal yang menjengkelkan (yang bisa menyebabkan stress) dengan kemarahan, mampu menjaga tekanan darah tetap normal dan mensekresi sedikit kortisol (hormon penyebab stress) daripada orang-orang yang merespon dengan rasa takut dan memendam perasaan mereka.
Pada penelitian tersebut, psikolog Jennifer Lerner meneliti pada 92 siswa dengan memaksa mereka untuk mengerjakan tugas-tugas yang sangat sulit dan dibawah tekanan. Kemudian peneliti merubah peraturan beberapa kali selama test. Jika jawaban salah, maka tugas harus dikerjakan kembali dari awal, sehingga menyebabkan frustasi.
Hasilnya, siswa-siswa yang wajahnya menunjukkan rasa takut selama test, peningkatan tekanan darah dan sekresi kortisol lebih tinggi dibandingkan dengan siswa-siswa yang marah.
  • Video Games
Meningkatkan metabolisme.Meskipun dipersalahkan sebagai salah satu penyebab obesitas, bermain video games bisa benar-benar membantu kebugaran dan menurunkan berat badan. Para ilmuwan di University of Miami melakukan penelitian pada 21 anak yang diberikan permainan Tekken 3 (salah satu games pada Sony Playstation).
Pada penelitian tersebut tampak bahwa selama permainan, jantung berdenyut lebih cepat, mereka menggunakan lebih banyak energi dan mulai bernapas lebih cepat. Salah satu peneliti, Dr. Arlette Perry, menyimpulkan bahwa bermain video games bisa memiliki efek positif pada kesehatan. Menurutnya, video games lebih baik daripada hanya duduk menonton televisi.

  • Mengumpat
mengurangi rasa sakit. Pada jaman dahulu, operasi yang dilakukan tanpa adanya anestesi, pasien menggigit sebatang kayu untuk mengurangi rasa sakit. Cara ini memang sedikit mengurangi rasa sakit, yang dibuktikan pada penelitian. Namun menurut para peneliti di Keele University, pasien lebih bisa menahan rasa sakit ketika mereka mengumpat atau memaki-maki dari pada menggunakan kata-kata non-ofensif.
Dr. Richard Stephens, seorang dosen psikologi yang menjadi salah satu peneliti, mengatakan bahwa mengumpat berhubungan dengan respon adrenalin. Ditemukan juga pada orang yang sedang mengumpat memiliki detak jantung yang tinggi, sehingga meningkatkan agresifitas mereka. Peningkatan agresifitas telah terbukti mengurangi kepekaan seseorang terhadap rasa sakit.
Dalam penelitian pada 64 mahasiswa yang tangannya direndam dalam bak berisi air es, mereka diperbolehkan untuk mengumpat dengan kata-kata yang ofensif, kemudian tugas diulangi lagi dengan menggunakan kata-kata yang non-ofensif. Ditemukan hasil, bahwa mereka yang mengumpat dengan kata-kata yang ofensif mampu mempertahankan tangan mereka rata-rata 40 detik lebih lama. Ketika ditanya tentang rasa sakit yang dirasakan, mereka juga menilai rasa sakitnya lebih ringan.

  • Bermalas - malasan Menambah beberapa tahun kehidupan anda.
Ahli Kesehatan Masyarakat, Profesor Peter AXT, mengatakan bahwa seseorang yang bangun pagi-pagi dan menyibukkan diri sepanjang hari adalah awal menuju kematian. Menurutnya, bermalas-malasan adalah kunci untuk hidup lebih lama dan penangkal stress. Dia menyarankan untuk menghabiskan setengah waktu luang kita untuk bermalas-malasan. Penelitian menunjukkan seseorang yang terlalu sibuk, menghabiskan energi yang dibutuhkan untuk keperluan lain seperti regenerasi sel dan menangkal penyakit.
Pada tesisnya, dia membandingkan antara hewan yang hidup di alam liar dengan hewan yang ada di kebun binatang. Misalnya, Singa di Serengeti hanya mampu hidup selama 8 tahun, tetapi mampu hidup selama 20 tahun di kebun binatang. Beruang Kutub Utara hidup selama 20 tahun di alam liar, tapi mampu hidup 40 tahun di penangkaran. Sedangkan contoh pada manusia yaitu pada para pemimpin agama (Kiai, Pendeta, dll) yang cenderung menjalani kehidupan yang tidak terlalu sibuk dengan urusan duniawi, memiliki rata-rata usia hidup lebih lama.
Manfaat lain adalah bahwa otak kita jauh lebih aktif ketika kita melamun. Melamun biasanya dikaitkan dengan hal-hal negatif seperti ketidak-aktifan otak. Namun menurut Profesor Psikologi Kalina Christoff di University of British Columbia, otak kita sangat aktif ketika melamun, jauh lebih aktif daripada kita fokus pada tugas-tugas rutin.
Temuan pada penelitian menunjukkan bahwa melamun, yang bisa menghabiskan sepertiga waktu jaga kita, adalah bagian penting dalam kemampuan kognitif disaat kita memilah-milah informasi penting.

  • Stress
Meningkatkan memory. Stress dalam jangka waktu yang lama seperti perceraian dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Namun stress akut (stress dalam jangka waktu pendek) justru mampu meningkatkan memori otak, menurut para peneliti di University of Buffalo U.S. Hal ini disebabkan oleh kortisol, mempengaruhi bagian otak yang mengendalikan proses pembelajaran dan memori otak. Stress akut meningkatkan transmisi glutamat, substansi yang menyampaikan pesan pada otak dan meningkatkan kerja memori otak.
Zhen Yan, Profesor Fisiologi dan Biofisika, menjelaskan bahwa kortisol memiliki efek protektif dan efek destruktif pada tubuh. Itulah mengapa kita butuh stress untuk meningkatkan performa otak, namun jangan berlarut-larut karena akan memberikan efek yang destruktif pada tubuh.
Pada penelitian, dilakukan pada tikus-tikus yang telah dilatih untuk menyelesaikan sebuah labirin. Sebagian dari tikus-tikus tersebut dipaksa untuk berenang selama 20 menit, untuk memberikan stress akut. Kemudian tikus-tikus tersebut diletakkan kedalam sebuah labirin. Para peneliti menemukan bahwa tikus-tikus yang sudah diberi stress akut, lebih sedikit membuat kesalahan ketika berjalan melewati labirin dibandingkan dengan tikus-tikus non-stress.

  • Musik Keras
Merangsang otak. Menonton konser musik rock, atau menyalakan musik di rumah dengan volume suara yang keras, mungkin baik untuk kekuatan otak anda. Menurut penelitian di Manchester University, ketika mendengarkan musik, bagian dalam dari telinga (sacculus) dirangsang untuk merespon ketukan dalam musik. Hal ini membuat sensasi kesenangan pada otak dan membuat kita merasa nyaman. Sacculus, yang dianggap tidak memiliki fungsi dalam pendengaran manusia, tampaknya hanya sensitif terhadap suara dengan volume yang sangat keras, di atas 90 desibel.
Neil Todd, seorang ahli dalam studi ilmiah tentang musik, menjelaskan bahwa sacculus berhubungan dengan bagian otak yang berfungsi untuk mengatur rasa lapar, seks, dan hedonistik. Ketika sacculus dirangsang dengan suara musik yang keras, otak merespon dengan melepaskan hormon yang membuat kita merasa tenang, bahagia, dan responsif. Jadi untuk memberikan rasa bahagia pada hari Senin pagi, dengarkan musik keras dengan suara yang keras pula.

  • Gelisah
Melawan obesitas. Peneliti dari Mayo Clinic U.S mengatakan bahwa orang yang sering gelisah selalu cenderung tampak lebih langsing daripada orang yang selalu tenang dalam menghadapi permasalahan. Gerakan-gerakan ringan yang dilakukan secara tidak sadar saat gelisah seperti gerakan kaki, tangan, jantung berdebar, peregangan otot atau menguap, mengeluarkan 350 ekstra kalori per hari.
Ahli Endokrinologi, James Levine, mengatakan ada perbedaan besar jumlah kegelisahan antara orang-orang yang ramping dan orang-orang yang obesitas. Dimana sering temukan kegelisahan pada orang-orang yang ramping.

41 comments:

hendrie k_bejo mengatakan...

Pertamax Memang Muahal...

Osi mengatakan...

Muanta abiees ni infonya...yg tdnya gak tau jadi tau...

Thanks sobat

msafru mengatakan...

Wah baru tau tuh....tapi kalau keseringan marah katanya bisa cepet tua....

ismi.. mengatakan...

@hendrie
hha
gak nyambung.
:P

@Osi
SiP!
makasi sudah berkunjung sobat

@msafru
hha
iya ..
yang penting tinggal pinter² nya kita menjaga kondisi saja soBAt.
:)

blog seru kakcipa mengatakan...

Qok bisaa?? Qu baru tauu... Inpo Unik atuuuh

narti mengatakan...

asal jangan berlebihan kali ya...
thanks infonya nih.

cah ndueso mengatakan...

kalo hobi ngnet termasuk negatif apa positif tuh?

gen mengatakan...

wah..., kalo gitu aku mau marah-marah tiap hari akh....
biar jantunku sehat....
wakakakak........

cerita cinta mengatakan...

linkblognya udah ditempel tuh.., namanya ismi..

kalau ada yang kurang berkenan, silakan di komentar aja....

Kalijaka mengatakan...

Segala sesuatu mengandung unsur positif dan negatif. Tidak ada yang mutlak di dunia ini, sebab mutlak hanyalah milik Allah semata. Hal yang buruk pun ada nilai positifnya demkian juga hal yang baik pun ada nilai negatifnya. Kesemua tergantung pemanfaatan dan penerapannya.

Kalijaka mengatakan...

Segala sesuatu mengandung unsur positif dan negatif. Tidak ada yang mutlak di dunia ini, sebab mutlak hanyalah milik Allah semata. Hal yang buruk pun ada nilai positifnya demkian juga hal yang baik pun ada nilai negatifnya. Kesemua tergantung pemanfaatan dan penerapannya.

MI Tanggel mengatakan...

info yang bagus non, thanks ya dah mampir ke blog aku.

ismi.. mengatakan...

@kakcipa
:)
makasi..

@Narti
siP!
karen sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

@CAh Ndeuso
hha..
tergantung kita ngenet nya buat apa?
KALo nyari info² bermanfaat ya Positif
;)

@Gen
yah,
tapi jangan terus marahnya di lontarkan ke orang lain yang ga bersalah,

@Cerita Cinta
Sip!

@KAlijaka
SiP
setuju!
makasi atas comment nya..

@MI Tanggel
:)
sama²

nophie mengatakan...

ada benarnya juga sih, tapi jgn berlebihan kali ye, jgn jadikan itu alasan untuk marah2, mengumpat, dll. hehehe

sangat informatif sista, thanks for sharing

ismi.. mengatakan...

@nopie
SiP!
makasi buat kunjunganya...
:)

ina mengatakan...

hemm... klo gtu marah ajah... hahaha,...

makasih sobat selalu berkunjung ke t4 ina,....

sendal jepit mengatakan...

kalo kebiasaan buruknya ngupil, ada manfaatnya gak ya ?

ismi.. mengatakan...

@ina
iya..
sama²

@sendaL jepit
haha
kaLo itu mah..
manfaat nya jadi idung jadi kagak bunTuntet hha
:)

Ocim mengatakan...

haha dan komplit dan jelas

ismi.. mengatakan...

@ocim
Sip!

Rasich mengatakan...

Ijin copas ya????

monsterilmiah mengatakan...

jadi pengen marah-marah...
hehe....

ismi.. mengatakan...

@Rasich
iya..
silahkan


@monsterilmiah
Loh hehe..
:)
yang penting jangan marah² tanpa beralasan dan berlebihan

mikelle mengatakan...

happy sunday my friend :)

bambang mengatakan...

iya,,bagus banget neh infonya,,,jadi betah aku disininya,,mohon beri komentar juga ya digubuk aku sobat,,kutunggu ^_^

zyie mengatakan...

Infonya oke banget tuh! tapi kalo marah2 terus juga gak baik kan? apalagi stress trus-trusan...yang ada ntar masuk RSJ ^_^

sejarah81 mengatakan...

malam neng,,blognya bagus,,mohon comentarnya nya ya digubuk aku,,terima kasih sebelumnya telah menyenggol digubuk aku

kenalankita mengatakan...

malam neng,,,asyik banget blognt=ya ,,jadi betah ne,,mohon coment balik ya....

ismi.. mengatakan...

@mikelle
siP!

@Bambang
iya..
makasi
^^

@Zyie
hha
:)
yang penting jangan keterlaluan + keseringan hhe

@sejarah 81
SiP boz!
hhe
salam kenal
:)
makasi sudah berkunjung baLik..

@kenakalan kita
iya!
keep blogging sobat

Rival Aditya mengatakan...

mantab bgt sob infonya nice blog...

ismi mengatakan...

@Rival Aditya
siP!
^^
makasi sob sudah berkunjung...

Rahad GoKill mengatakan...

ternyata yg slama ini kuanggap buruk ternyata membawa dampak yg baik.....

keren2 postingannya....

terus smangat.......!!!

Dicknyonyo mengatakan...

Xixixi. Keren, nggak jadi minder dah.. Lam kenal mbak.:D

ismi mengatakan...

@rahad Gokill
siP
;)
makasi sob sudah berkunjung

@Dicknyonyo
;D
iya,
salam kenal juga

TomieDLuffy mengatakan...

Info yang berguna kawan... ;)

ternyata banyak yg tidak tau.. :D

Gudang Informasi

ismi mengatakan...

@tomie
siP!
makasi sudah mampir ke gubuk dan meninggalkan komentar
:)

Pasar Virtual Muslim mengatakan...

di tempatku ada ibu-ibu sering marah-2 nggak karuan sambil nuntun anaknya yg umurnya sekitar 7 tahun, kita nganggapnya dia orang stres

ismi mengatakan...

@pasar virtual muslim
hha..
:))
yah bukan marah² yang ga karuan seperti itu..
marah tapi terkontrol..

Tebinfea mengatakan...

Good Friday my friends.
Teb.http://i302.photobucket.com/albums/nn111/boimlebon/coffee1.gif

Tebinfea mengatakan...

Good Friday my friends.
Teb.

ismi mengatakan...

@tebinfea
:)
thx for coming friend

Posting Komentar

eits..tinggalin comment dlu yah...
^^
makasi